Rabu, 25 Februari 2015

PENYAKIT UMAT Karya Yuswanto, S.Pd.I


Penyakit Umat
       Sebagaimana yang kita ketahui bahwa penyakit yang menyerang manusia itu ada 2 macam. Yaitu penyakit Jasmani dan Rohani.
I.          Penyakit Jasmani.
Penyakit Jasmani seperti batuk, mual, pusing, batuk dan segala macamnya yang membuat stamina badan kita menurun. Adalah lebih mudah menyembuhkannya cukup hanya konsultasi atau berobat kepada Dokter.
II.      Penyakit Rohani
Berbeda dengan penyakit Jasmani, penyakit rohani adalah penyakit yang datang dari Hati si penderita dan untuk menyembuhkan penyakit rohani ini, seorang penderita diharuskan untuk berusaha membersihkan hatinya sendiri dari berbagai penyakit dengan jalan memahami dan mengamalkan petunjuk-petunjuk Allah SWT dan Rasullnya. Dan penyakit itu biasanya menyerang dan berjangkit kepada semua orang.
1.      Khufur Nikmat
Sedemikian besar banyaknya nikmat Allah yang diberikan kepada hambanya sehingga tidak ada yang dapat menghitungnya, tetapi terhadap nikmat Allah yang begitu banyak jarang sekali ada manusia yang mau mensukury nikmat Allah tersebut. Padahal kalau kita men dapatkan pemberian atau pertolongan sedikit saja dari seseorang kita cepat-cepat berterima kasih dan berusaha berbuat baik kepadanya. QS. Ibrahim : 7 “apabila kamu bersyukur atas nikmatku, pasti kami akan menambah nikmat kepadamu. Dan jika kamu mengingkari nikmatku, maka sesungguhnya azabku sangat pedih”.
Adapun mensyukuri nikmat Allah tidak cukup dengan mengucapkan terima kasih atauAlhamdulillah saja, tetapi harus dibuktikan dengan amal perbuatan seperti mengerjakan yang diperinyahkan Nya dan menjauhi yang dilarang Nya.
2.      Takabur (sombong)
Seseorang memiliki kelebihan di bandingkan dengan orang lain, baik dalam hal kekayaan, kedudukan, ketampanan dan lainnya. Apabila tidak memiliki dasar agama yang baik maka kebanyakan dari mereka akan Takabur. Membanggakan diri dan meremehkan orang lain. QS. Al Lukman : 18 “dan janganlah kamu memalingkan muka mu dari manusia dan janganlah kamu berjalan dimuka kami dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri”.
3.      Rakus
Seseorang yang didalam hatinya terdapat sifat rakus maka akan berusaha sekuat tenaga untuk mendapatkan apapun yang lebih banyak dan lebih baik dari pada yang didapat dari orang lain. Iya akan merasa puas dengan apa yang ada di genggaman tangannya dan selalu mengharap dan mengincar apa yang ada digenggaman orang lain.
Nabi Isa AS : “orang yang rakus itu seperti orang yang sedang meminum minuman keras, semakin iya meminum semakin berkurang rasanya, dan baru berhenti minumnya apabila sudah tidak sadarkan diri lagi. Atau seperti orang yang minum air laut, semakin diminum semakin terasa haus. Meskipun demikian ia akan terus meminumnya sampai akhirnya lehernya tercekik oleh air laut tersebut”.
4.      Bersaing
Sifat bersaing ini ada manfaatnya. Hal ini apabila persaingan yang dilakukan dalam hal kebaikan dan dengan cara yang sehat. . QS Al Baqarah : 148 “maka berlomba-lombalah kamu dalam membuat kebaikan”.
Tetapi pada umumnya banyak manusia bersaing untuk mendapatkan Harta, kedudukan, kekuasaan dan hal-hal yang bersifat keduniaan dan cara-cara yang tidak dibenarkan oleh agama dan Allah SWT. Bahkan tekadang diantara mereka ada yang sampai memfitnah dan membunuh saingannya
5.      Saling Membenci
Terkadang hal yang kecil dan sepele. Seseorang lalu membenci kepada orang lain atau bahkan teman dan keluarga sendiri. Timbulnya penyakit ini biasanya disebabkan Karena apa yang dibuat orang lain tidak sama dengan apa yang diinginkannya. QS. Al Baqarah : 216 “boleh jadi kamu memberi sesuatu padahal ia amat baik padamu dan boleh jadi ia menyukai sesuatu padahal ia amat buruk bagimu, Allah mengetahui sedang kamu tidak mengetahinya”.
6.      Saling Mendengki.
Sifat ini terjadi biasanya karena melihat orang lain yang mendapatkan kenikmatan, sedangkan dirinya tidak.
Rasulullah SAW yang diriwayatkan Abu Daud. 3 perkara dimana tiap-tiap umat tidak bisa terhapus daripadanya yaitu Hasud, buruk sangka dan  berselisih. Maka akan ku beri tahu jalan keluarnya ;
1.      Apabila engkau berburuk sangka janganlah engkau perkuat hal tersebut.
2.      Apabila engkau dengki janganlah berlaku kejam.
3.      Apabila engkau berselisih paham janganlah engkau menyakitinya.
Oleh karena itu terhadap penyakit rohani tersebut, agar kita untuk berusaha menjauhi agar Allah senantiasa memberikan rahmat ampunan untuk kita. Amin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar